Mengapa Komputer Laptop Mati Sendiri

Ada banyak ragam komputer rusak, yang pernah saya alami yaitu komputer tiba-tiba mati sendiri hal yang menyebabkan komputer laptop mati sendiri juga ada beberapa hal. Untuk itu mari kita coba analisa apakah yang menyebabkan komputer / laptop mati sendiri.

Langkah awal kita periksa terlebih dahulu bagian luar CPU seperti yaitu kabel, cobala periksa kabel power komputer Anda, Apakah masih bagus atau sudah ada yang putus bagian dalamnya. Periksa dengan cara menggerakkan kabel apabila pada posisi tertentu saat menggerakkan kabel terjadi perubahan (misal pada saat anda menggerakkan kabel komputer dalam keadaan hidup kemdian mati) mungkin kabel tersebut tembaganya sudah putus dibagian tengahnya. Atau Stopkontak yang kurang kencang.

Setelah pemeriksaan kabel dan ternyata kabel masih bagus juga stop kontak tidak ada masalah sekarang kita periksa apakah tegangan listrik di rumah Anda stabil. Karena tegangan listrik yang kurang stabil akan menyebabkan komputer mati sendiri mungkin juga terjadi restart sendiri atau bahkan menyebabkan komputer hang. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya menggunakan UPS atau dapat juga Stabilizer. Tetapi saya lebih menyarankan menggunakan UPS karena ketika Listrik pada kita masih bisa sempat untuk Shut Down komputer. Karena apabila komputer sering mati tanpa shut down akan mengakibatkan harddisk cepat rusak.

Apabila dua penyebab terjadinya komputer mati sendiri yang sudah saya sebutkan di atas tadi tidak terjadi, mungki hal lain disebabkan karena perangkat keras atau hardware pada komputer anda ada yang bermasalah.

Sebelum memeriksa perangkat keras baiknya coba periksa terlebih dahulu power management di OS Anda, mungkin Anda mengaktifkan auto shutdown pada saat komputer idle selama sekian menit. Kalau komputer laptop mati sendiri pada saat digunakan baiknya lanjutkan ke pemeriksaan hardware

Bagian yang pertama kali seharusnya diperiksa adalah power supply, karena power supply ini adalah hal terpenting yang memasok tegangan ke semua perangkat keras komputer Anda. Pertama kali periksa bagian konektornya apakah kedur/less/aus. Ini biasa terjadi apabila kita sering menggonta-ganti perangkat keras, periksa terutama dibagian mainboard.

Jangan lupa juga periksa kipas pendingin yang ada didalam power supply tersebut, apakah ada kotor yang menyebabkan melambatnya perputaran kipas sehingga menyebabkan tidak dapat membuang panas dan akhirnya menyebabkan power supply berhenti bekerja. Konektor oke, kipas sudah oke juga sekarang coba analisa ketahap selanjutnya.

Sekarang coba periksa RAM komputer Anda, mungkin kotor karena debu. Bersihkan, kalau ada dua slot ram terpasang cobalah untuk menguji satu persatu. Apabila hanya menggunakan 1 ram saja mungkin anda bisa mencoba menggunakan PC milik teman untuk menguji RAM Anda.

Pemeriksaan selanjutnya periksa apakah kipas pendingin prosessor bekerja dengan baik, kalau banyak debu bersihkan terlebih dahulu bisa menggunakan kuas kecil. Setelah itu periksa juga heatsink mungkin tidak terhubung/menempel dengan baik diprosesor yang mengakibatkan panas dari prosesor tidak dapat dialirkan dengan baik keheatsink. Kalau perlu ganti thermal paste, dapat dibeli ditoko komputer.

Kalau penyakit komputer laptop mati sendiri belum juga dapat teratasi mungkin perlu memeriksa bagian VGA, VGA yang tidak terpasang dengan baik akan mengakibatkan komputer tidak dapat menampilkan output ke layar monitor.

Penyebab komputer laptop mati sendiri mungkin disebabkan karena harddisk yang sudah hampir mati, ini biasanya dapat ditandai dengan terdengarnya suara yang agak kasar pada saat menghidupkan dan mematikan komputer.

Pengecekan terakhir mungkin kesalahan terjadi pada mainboard Anda, cobalah untuk diamati bagian jalur di Mainboard mungkin ada yang putus karena sudah lama digunakan.

Comments