fbpx

Cara Membuat Website Forum Diskusi dengan Drupal 8 Gratis

Siapa yang belum pernah mengunjungi forum? Seperti yang dikutip dari Wikipedia, Forum Internet adalah fasilitas yang memungkinkan setiap orang bisa berdiskusi tentang suatu topik tertentu. Bisa kita lihat contoh nyata Website forum diskusi yang sudah memiliki banyak anggota seperti kaskus.co.id dan yang dibuat dengan drupal. Ok sebelum kita membahas lebih detail tentang cara membuat website forum diskusi dengan drupal 8, Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya website dengan drupal 8.

Penting untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan membuat website forum diskusi dengan drupal 8. Supaya kita bisa mempersiapkan keperluan yang berhubungan dengannya. Hosting yang support dengan drupal 8 atau mungkin jika ada free drupal 8 hosting, theme drupal yang cocok untuk forum diskusi, dan jika Anda baru pertama kali menggunakan cms drupal, ada baiknya belajar drupal untuk pemula terutama tentang forum.

Kelebihan dan Kekurangan

Saya sengaja menempatkan kelebihan dan kekurangan membuat website forum diskusi dengan drupal pada bagian awal. Sebab saya tidak ingin membuang waktu Anda, apabila ternyata CMS Drupal 8 tidak cocok untuk Anda.

Saya sedang tidak ingin membandingkan drupal 8 dengan CMS lain seperti wordpress dan Joomla. Tapi itu sulit untuk dihindari. Karena kita memang sedang membicarakan kelebihan dan kekurangannya, pasti membutuhkan suatu pembanding.

Ketika Anda benar-benar ingin mengetahui cara membuat website forum diskusi dengan drupal 8, kemungkinan besar Anda juga ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari cms ini. Baik, kita mulai saja

Kelebihan

  • Open Source, yang ini saya kira semua juga sudah mengetahuinya.
  • Keamanan, Drupal 8 dan versi sebelumnya terkenal sangat aman. Terlebih lagi pada versi drupal 8 ini menggunakan framework php symfony 2. Dan tidak hanya itu saja, para pengembang dan komunitas yang besar sentiasa mengupdate keamanan secara berkala.
  • Fungsionalitas bisa dibuat menjadi jenis website apapun, forum diskusi, sosial network, portal berita, profil perusahaan, personal blog, dan banyak lagi. Tergantung dari keahlian perancangnya. Seberapa dia bisa memahami fitur-fitur bawaan drupal dan juga module yang tersedia.
  • Dengan mudah untuk membangun multisite dan juga multi bahasa
  • Integrasi yang mudah dilakukan
  • Dokumentasi lengkap
  • Module tersedia sangat beragam, untuk mendukung fungsionalitas website drupal.
  • Memiliki Distribution yang banyak. Drupal Distribution adalah paket spesifik untuk keperluan website kontent tertentu. Didalamnya sudah dikonfigurasi sedemikian rupa agar penggunanya tidak memulai dari nol.

    Paket distribution ini sangat membantu untuk mempercepat building website menggunakan drupal. Misalkan Anda ingin membuat website toko online, tinggal download saja distribusi yang bernama Commerce Kickstart. Pada paket tersebut sudah setengah jadi toko online.

    Contoh lain lagi, jika Anda berencana membuat situs sosial media, bisa menggunakan distribution open social.

  • Banyak tersedia theme atau tema yang bangus, baik itu gratisan atau yang pro/premium
  • Cache

Kekurangan

  • Hosting, Pada kebutuhan situs yang simpel, hampir semua hosting bisa digunakan untuk Drupal. Yang menjadi hambatan saat Anda ingin membangun sebuah situs drupal yang lebih kompleks. Maka hampir sedikit bisa menggunakan share host.

    Sebabnya, pada proses pembangunannya kita membutuhkan tool yang bernama drush atau composer. Untuk menjalankan tool ini hanya bisa disharehost yang mengizinkan untuk akses CLI. Jika tidak, minimal Anda harus menggunakan VPS agar lebih leluasa.

  • Masih berhubungan dengan hosting, jika pengembang tidak mahir mengoptimalkan dan tweak. Yang terjadi adalah sumber daya pada server akan terkuras. Maka ini bisa menyebabkan error dan lebih parah lagi bisa disuspend oleh hoster kalau Anda menyewa disharehost.
  • Belajar lebih lama, Karena memiliki fungsi yang lebih luas skalanya hingga level enterprise, dan ini sebenarnya merupakan kelebihan yang powerfull. Dan dibalik itu sekaligus membawa kelemahan yaitu Anda harus mempelajari lebih dalam tentang develop web dengan drupal. Karena tanpa memiliki pengetahuan ini akan sulit membangun situs drupal dengan baik.
  • Masih jarang ditemui pengembang drupal yang bagus, dibandingkan wordpress
  • Karena tidak mudah menemukan developer drupal, maka untuk membuat custom module juga menjadi lebih sulit

Sepertinya ada yang mulai berfikir untuk mengurungkan niat membuat website forum diskusi dengan drupal 8. Ya tentu saja, drupal masih kurang ramah untuk pemula. Maka bisa dikatakan agak kurang tepat jika Anda memaksa membuat situs forum dengan drupal tanpa pengetahuan yang lebih banyak tentang drupal.

Meski begitu, ini adalah sarana yang tepat untuk menambah pengetahuan membangun situs drupal Anda. Jika langsung memutuskan untuk berhenti, kapan lagi belajarnya. Kecuali memang Anda mengejar deadline, itu beda cerita.

Belajar Drupal Untuk Pemula

Sudah saatnya bagi kita untuk mengenal lebih dekat lagi, menambah pengetahuan sekaligus pengalaman. Dengan langsung praktek, maka tidak menutup kemungkinan akan menemui beberapa error. Dan itu sejatinya waktu yang tepat. Karena dengan menemui beberapa error, pasti mencari solusinya.

Pada kasus tertentu, mendapati error yang sama tetapi membutuhkan cara penanganan yang berbeda. Saya pun demikian, mencoba dan mempelajari tutorial hasil searching di google. Ternyata belum berhasil menyelesaikan masalah error yang terjadi. Tapi hikmahnya adalah mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baru.

Sekarang sudah tidak sulit lagi belajar drupal, mudah kita temui di youtube, dan lebih banyak lagi blog luar negeri. Di Indonesia memang masih jarang yang membahas drupal. Padahal ketika Anda sudah mengenal drupal, tanggung sendiri akibatnya.

Hosting yang Cocok untuk Drupal

Apa yang sudah disinggung pada bagian kelebihan dan kekurangan drupal di atas, membangun website drupal perlu mempersiapkan juga hosting yang cocok untuk drupal.

Anda perlu sebelumnya mengetahui system yang dibutuhkan agar bisa menggunakan drupal secara maksimal.

Web Server

  1. Apache, umum penyedia hosting menggunakan Web Server Apache. Yang perlu diperhatikan adalah module clean URLs alias ‘mod_rewrite’ karena drupal membutuhkan modul ini.
  2. Nginx, drupal juga dapat berjalan dengan baik pada web server nginx versi (0.7.x, 0.8.x, 1.0.x, 1.2.x), stable 1.8.x versions, dan mainline 1.9.x
  3. Microsoft IIS

Database Server

Yang paling direkomendasikan adalah MySQL 5.5.3, MariaDB 5.5.20, atau Percona Server 5.5.8 atau yang lebih tinggi dengan storage engine InnoDB dan membutuhkan PDO database. Meski begitu, drupal juga bisa menggunakan database server yang lain yaitu PostgreSQL 9.1.2, SQLite 3.6.8, juga database server lain Microsoft SQL Server dan MongoDB.

PHP

Drupal bisa bekerja disemua versi PHP, tapi sebaiknya gunakan versi PHP yang direkomendasikan yaitu PHP 7.2 atau PHP 7.3, sementara PHP 7.4 belum direkomendasikan.

Berikut ekstensi yang dibutuhkan XML Extention, Image Library, OpenSSL, JSON, cURL, dan Mbstring.

Cara Membuat Website Forum

Secara default alias bawaan drupal 8 sudah memiliki module forum, hanya tinggal mengaktifkannya saja. Saya anggap Anda sudah menginstall drupal 8 versi terbaru, karena di sini saya tidak membahas cara install drupal 8 agar tidak kepanjangan. Mungkin dilain waktu akan dibuatkan tutorial cara install drupal 8. Meski sebenarnya mudah saja jika menggunakan Softaculous auto Installer.

Baik perhatikan gambar berikut ini
cara install drupal 8
Pastikan juga Anda sudah login ke situs drupal Anda, dan navigasikan ke admin/modules. Cari module Forum kemudian beri tanda centang pada modul Forum. Langsung scroll ke paling bawah dan klik Install.

Kemudian Anda akan mendapatkan pesan seperti ini jika berhasil
cara install drupal forum
Lalu yang kita lakukan berikutnya adalah melakukan seting yang diperlukan.

Setting yang Diperlukan

Nah sekarang saatnya kita bersenang-senang.

Ketika berhasil mengaktifkan module Forum, secara otomatis mendapatkan sebuah Taxonomy term bernama General discussion yang bisa dihapus atau boleh diedit. Untuk pengaturannya melalui menu Structure/Forum.
forum container
Bagian berikut ini bisa dibuat semuanya atau salah satu saja.

  1. Add Container untuk web yang besar memiliki beragam topik maka sebaiknya menggunakan Add Container, yang nanti didalamnya berisi kategori-kategori yang sesuai dengan tema utama. Atau ini bisa disebut dengan wadah.

    Contohnya dalam satu website terdiri dari Forum Musisi, Forum IT, Forum Petani, dan lainnya. Dari masing-masing forum bisa saja terdiri dari beberapa kategori. Misal Forum Musisi, didalamnya ada kategori gitaris, drum, bassis, dan vocalis.

  2. Add forum bagian ini tempatnya berada didalam Container, seperti yang sudah dicontohkan pada container di atas.

    Tapi bisa saja bagian ini tidak berada di dalam container yang mungkin website Anda hanya membahas satu tema saja misalnya Forum Petani. Di website forum ini hanya dihuni oleh orang yang pekerjaannya bertani.

    Dan itu bisa langsung membuat kategori petani cabai, petani singkong, petani padi, dan lainnya tanpa menggunakan Container.

Oh iya tunggu dulu…

Kita akan mengaktifkan beberapa modul untuk kepentingan SEO yaitu pathauto, module ini akan membuat URL secara otomatis sesuai dengan spesifikasi yang sudah kita tentukan. Agar lebih ramah SEO, dari pada /node/765 lebih baik /kategori/posting-forum. Kalau yang sudah mengaktifkan module ini bisa skip ke tahap berikutnya.

Module Pathauto membutuhkan 4 module lain untuk diaktifkan juga yakni Chaos Tool (CTool), System, Path, Path Alias, dan Token. Semua ada tersedia di website Drupal.
forum pathauto module
Module pathauto dan dependenciesnya sudah diaktifkan, maka kita membuat pattern untuk url yang lebih SEO-Friendly. Langsung menuju ke /admin/config/search/path/patterns dan kita akan membuat 3 buah pattern yaitu satu untuk URL kategori (topik) forum dan satunya lagi untuk URL konten dan untuk container.

    Saya membuat Pattern URL untuk kontent, caranya Add Pathauto pattern -> pilih Pattern type yang akan dibuat yakni Content, lalu isi Path pattern sesuai dengan keinginan Anda, gunakan tokens untuk membuat URL dinamis dengan mengklik Browse available tokens.. Akan muncul dialog token yang bisa digunakan.
    forum post url
    Pada Content type pilih Forum topic, beri label yang sesuai berguna untuk identifikasi saja. Tanda check Enabled kemudian Save.
    content type forum

  1. Path Pattern yang berikutnya untuk URL forum topik (kategori), caranya sama seperti sebelumnya. Pada Pattern type pilih Forum dan isi Path pattern dari token yang sesuai.
    forum forum
  2. Yang ketiga, url untuk Container. Pada pettern type pilih Taxonomy Term, kemudian isi Path Pattern dari tokens, kemudian pada Vocabulary pilih Forums. Labelnya jangan lupa diisi juga. Cek Enabled dan Save.
    forum taxonomy

Nah setelah selesai kita mendapatkan 3 URL aliases seperti ini.
forum
Ok, setting path sudah selesai, kembali lagi ke halaman pembuatan tag, dan sekarang buat kategori topik diskusi forum Anda.

Taxonomy Term

Kita akan membuat taxonomy pada forum ini, yaitu berupa topik apa saja yang akan menjadi pokok bahasan forum Anda. Caranya

  1. Add Term.
  2. Name wajib diisi, ini untuk nama topiknya.
  3. Deskription, beri penjelasan singkat mengenai topik tersebut.
  4. Beri tanda cek Generate automatic URL alias. Untuk menghasilkan URL otomatis sesuai dengan pattern yang sudah ditentukan sebelumnya.
  5. Lalu SAVE.
  6. Ulangi lagi untuk membuat Kategori lainnya.

User Role

Pengaturan ini sangat penting dan perlu diperhatikan baik-baik. Anda akan memberikan ijin pada user untuk melakukan sesuatu di website forum drupal Anda. Jika salah-salah maka akan mengakibatkan sesuatu yang mungkin tidak diinginkan.

Bawaan Drupal 8, sudah menyediakan tiga jenis role yaitu Administrator, Authenticated User, dan Anonymous User. Kalau dirasa masih kurang Anda bisa menambahkannya dimenu People/Roles/Add Role.

Baik, saya akan menambahkan hak akses untuk moderator forum. Pada Role name saya beri nama Moderator kemudian save. Anda bisa menambahkan yang lainnya sesuai kebutuhan. PENTING!! Jangan lupa untuk diurutkan berdasarkan tingkatannya, yang paling atas Anonymous User, Authenticated User, dan terakhir Administrator.
forum drupal 8 permision
Sekarang kita menuju tab Permissions untuk menentukan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh masing-masing role. Pada Authenticated User saya mengijinkan user terdaftar untuk membuat topik diskusi forum. Langsung menuju pada bagian Node.

Jadi begini permission untuk Authenticated User

  • Forum topic: Creat new content
  • Forum topic: Delete own content
  • Forum topic: Edit own content
  • View Published content

Hanya itu saja.

Komentar

Kita akan mengatur tampilan dan juga field apa saja yang digunakan. Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mengatur Content Type Forum, dan juga Content Type lainnya agar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda mengijinkan pengguna untuk mengupload gambar, video, dan lainnya. Caranya dengan menambahkan field yang sesuai.
forum coment type
Buka /admin/structure/comment/manage/comment_forum Kita akan disuguhi halaman Manage Fields, terdiri dari 4 tab.

  1. Edit, mengatur nama, deskripsi, Juga beberapa pengaturan lainnya dibawahnya.
  2. Manage fields, tempat Anda menambah, mengubah, atau menghapus field yang tidak digunakan. Default ada 1 field yang sudah tersedia.
  3. Manage form display, disini Anda bisa mengatur susunan field yang sudah dibuat dan bisa menonaktifkan field tertentu dengan drag n drop ke bawah. Tab ini muncul dibagian bawah tread, tempat anggota menulis komentar.
  4. Manage display, masih sama seperti form display bedanya adalah tab ini berada dibawah tread. atau komentar yang sudah dipublish.

Advance Forum (Tingkat Lanjut)

Akan datang

CMS for Forum

Akan Datang

Penutup

Cara membuat website forum diskusi dengan drupal 8 sudah selesai, Yes! sekarang Anda sudah memiliki website forum drupal 8. Setidaknya butuh waktu 1 jam untuk menyelesaikan langkah ini. Bahkan belajar cara membuat website forum diskusi dengan drupal 8 untuk pemula bisa hingga berhari-hari. Tergantung dari tingkal ketampanan seseorang.

Oh iya, masih ada dua item lagi yang belum saya tulis di atas meski bukan cara membuat website forum diskusi dengan drupal 8. Mengingat tulisan ini sudah sangat panjang, dan saya sedang mempertimbangkan untuk menambahkan disini atau membuat tulisan baru agar tidak terlalu panjang. Akhir kata selamat kepada Anda sudah bisa membuat website forum diskusi dengan drupal.

Jika ada bagian yang belum jelas bisa langsung ditanyakan, saya akan segera menjawabnya atau mengupdate tulisan ini saat ada kesempatan.

Dan tutorial Cara membuat website forum diskusi dengan drupal 8 ini sama sekali tidak menggunakan drush atau composer. Jadi bisa Anda praktikkan menggunakan sharehosting, dan hampir semua share hosting bisa menggunakan drupal 8 forum (Asalkan jangan hosting yang murahan).