Cari Tahu Perbedaan Prosesor Intel dan Amd Sebelum Beli

Apakah Anda lebih suka merakit PC? kadang suka dibuat bingung dalam memilih prosesor merek apa antara Intel atau AMD. Yuk kita Cari Tahu Perbedaan Prosesor Intel dan Amd Sebelum Beli, karena kalau salah beli pasti tidak mungkin bisa cocok dipasang pada motherboard. Sebab antara motherboard Inted dan AMD punya pin yang berbeda. Jangankan beda merk, antara jenis tipe berbeda saja pinnya berbeda juga.

Sebelum membeli prosesor, pastikan Anda merencanakan perakitan PC untuk kebutuhan yang sesuai. Karena karakter kedua prosesor ini berbeda. Ada yang lebih unggul di Multimedia, ada juga yang lebih unggul pada performa. Biar tidak salah beli, mari kita kenali perbedaan prosesor Intel dan AMD.

Perbedaan Prosesor Intel dan AMD

Kalau menggunakan komputer hanya sekedar melakukan pekerjaan office, saya kira tidak terlalu terasa antara perbedaan prosesor intel dan amd. Berbeda jika menggunakannya untuk keperluan multimedia, bermain game, desain grafis, dan pekerjaan berat lain seperti merender video. Itu akan terasa sekali perbedaannya.

Kecepatan

Menurut kalian, mana yang lebih cepat diantara prosesor intel dan amd? Jika dibandingkan keduanya prosesor yang setara. Ternyata Intel lebih baik kecepatannya ketimbang AMD, meski perbedaan ini tidak terlalu jauh. Namun tetap ada nilai yang berbeda diantara prosesor intel dan amd.

Tak heran juga, dilingkungan saya lebih banyak yang menggunakan prosesor intel dari pada AMD. Mungkin salah satu pertimbangan keduanya adalah dari segi kecepatan proses.

Nama

Kita sudah memaklumi bahwa banyak orang yang lebih mengenal Intel, mungkin karena Intel adalah merek yang lebih tua dari AMD. Dan ditambah lagi Intel tidak hanya memproduksi prosesor untuk Komputer dan laptop. Tapi mereka juga memproduksi prosesor untuk perangkat lain seperti smartphone dan smartwatch.

Meskipun dikatakan AMD kalah nama, tapi tetap saja kedua prosesor ini memiliki kualitas yang baik, dan tidak sedikit juga yang lebih memilih prosesor AMD karena kualitasnya.

Manajemen Suhu

Diawal kemunculannya, prosesor AMD dikenal lebih cepat panas dari pada rivalnya prosesor Intel. Karena prosesor AMD belum dibekali dengan teknologi yang bisa mengatur itu, Tapi sekarang perbedaan itu sudah hampir tidak ada. Dengan adanya prosesor AMD type Ryzen membuktikan bahwa AMD juga bisa menangani panas yang berlebih.

Grafis

Dalam hal ini AMD lebih unggul dibandingkan prosesor Intel. Karena itu prosesor AMD lebih cocok untuk bermain game, selain harga yang lebih murah juga mendapatkan kualitas grafis game yang lebih baik. Karena meskipun suhu meningkat tapi prosesor AMD dapat mempertahankan kinerja prosesor.

Ditambah lagi saat ini prosesor AMD ada seri APU yang didalamnya telah include GPU ATI Radeon. Jadi makin lebih baik dari sebelumnya.

Multimedia

Perbedaan prosesor Intel dan AMD dalam hal multimedia, Intel lebih baik dibandingkan AMD. Untuk kebutuhan editing video, prosesor Intel lebih baik dibandingkan AMD. Karena Intel telah dibekali untuk keperluan multimedia. Tadinya saya kira karena untuk bermain game lebih baik menggunakan prosesor AMD, maka multimedia juga AMD. Ternyata tidak, justru Intel lebih baik dalam hal multimedia dibandingkan dengan AMD.

Virus

Wow ternyata AMD memiliki teknologi yang bisa mendeteksi malware sedangkan Intel belum ada. Dalam hal ini jelas prosesor AMD lebih unggul. Memiliki perbedaan prosesor Intel dan AMD yang sangat mencolok sekali. Jadi jangan cuma performa yang menjadi pertimbangan memilih prosesor, tapi ada hal lain juga yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Harga

Kita sudah menyinggung sedikit tentang harga, Prosesor Intel dan AMD memiliki perbedaan harga yang memang agak jauh berbeda. Ya ini bisa jadi karena prosesor Intel lebih terkenal dibandingkan AMD, maka mereka menerapkan harga yang lebih mahal. Tapi mungkin saja bila prosesor AMD yang lebih laris dipasaran, mereka akan menentukan harga yang lebih mahal dari saat ini.

Dan harga ini buat saya menjadi pertimbangan pertama saat membeli prosesor demi menghemat pengeluaran. Lagi pula saya tidak memerlukan editing video.

Kesimpulan

Jadi apa yang bisa kita jadikan bahan perimbangan setelah mengetahui perbedaan prosesor Intel dan AMD. Untuk kebutuhan komputer atau laptop bekerja mengerjakan pekerjaan office, dalam hal ini MS Office, diantara keduanya tidak ada perbedaan. Maksudnya diantara kedua prosesor ini sangat mampu untuk diandalkan.

Untuk kebutuhan render video, tentu kita semua lebih cenderung memilih prosesor Intel, sebab Prosesor Intel lebih unggul disini. Dan ketika kita lebih banyak menggunakan komputer atau laptop untuk bermain game, maka lebih baik menggunakan prosesor AMD yang jelas sudah terbukti memiliki kualitas yang baik dalam hal bermain game plus harganya juga lebih murah, jadi uangnya bisa untuk membeli game kesayangan.

Lalu untuk yang memiliki budget terbatas tidak ada pilihan lain selain memilih untuk prosesor AMD. Nah dari perbedaan prosesor Intel dan AMD kita bisa menentukan untuk memilih prosesor yang tepat sesuai dengan kebutuhan.